Ayo Gabung di Hukum Unimuda

Ayo Gabung di Hukum Unimuda

AYO GABUNG DI PRODI HUKUM UNIMUDA SORONG

Mafaridi News - Halo sahabat law! Aku Iwan Acuan Zakaria, mahasiswa hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong angkatan Korona, 2020. Pada kesempatan ini aku ingin sharing pengalaman kuliah sebagai anak hukum dan memperkenalkan kepada sahabat law tentang jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya sahabat law. Untuk pace-mace, kace-dece dan semuanya yang mau bertanya atau diskusi seputar prodi hukum mudah kok, kalian bisa komen di bawah artikel ini. Pastikan email sudah benar yah, agar jawabannya akan kami kirim lewat email.

Secara umum, Seperti apa Prodi Hukum di Unimuda Sorong?

Gini gais, jika kita masuk hukum tentu saja kita belajar tentang system-sistem hukum yang ada, baik yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat ataupun bisnis. Selama menjadi mahasiswa hukum kita juga dituntut untuk berpikir logis, kritis berdasarkan dalil yang jelas. Kita belajar tentang teknik perundang-undangan, jadi anak hukum itu hampir semua mata kuliah yang ada di prodi hukum itu ada berpatokan pada perundang-undangan. Tapi tenang gais, karena gak semua aturan itu wajib dihafal kok. Yang penting kita tahu dan paham serta dapat mengaplikasikan aturan tersebut. Di Prodi Hukum Unimuda pun, beberapa mata kuliah seputar hukum ketika waktu ujian tiba, kita boleh kok open book atau buka Undang-undang agar tidak salah dalam merujuk sumber, jadi yang terpenting itu analisis nya harus logis, jawabannya kritis agar menafsirkan Undang-undang itu sesuai dengan logika hukum yang diajarkan. Pola pikir akan terbentuk ketika kita jadi anak hukum, dan di Prodi Hukum Unimuda telah diajarkan membentuk pola pikir yang logis dan kritis serta dibarengi dengan sikap yang terumpun dalam Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

Alasan masuk Prodi Hukum Unimuda ?

Ada banyak alasan tentunya masuk di Prodi Hukum Unimuda. Pada kesempatan ini saya ingin tekankan bahwa anak hukum itu tidak semua luarannya pengacara, jaksa, hakim dan sebagainya. Banyak prospek kerja yang menjanjikan ketika kita menjadi lulusan hukum. Alasan pertama adalah bagi saya hukum itu melingkup semua aspek keilmuan, di hukum belajar ekonomi, bisnis, teknik informasi dan teknologi, kesehatan, politik, sosial, agama, filsafat dan lain-lain. Di Prodi Unimuda ada mata kuliah hukum pidana ekonomi, hukum kesehatan, filsafat hukum, hukum islam, perbandingan agama, hukum bisnis, teknik penyusunan, bahasa asing hukum, yang paling keren adalah Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Mata kuliah AIK adalah mata kuliah unik, walaupun esensinya yang wajib belajar AIK hanya mahasiswa muslim, namun mahasiswa no-muslim pun boleh memilih mata kuliah tersebut. Prodi Hukum di Unimuda mengizinkan karena esensi hukum sendiri adalah berbicara seputar perbandingan-perbandingan, jadi wawasaan keilmuan mahasisswa hukum di Unimuda Sorong lebih luas, dan terbuka. Alasan lain tentunya ada banyak peluang kerja ketika berhasil menjadi sarjana hukum. Bekerja di pemerintahan bisa, perusahan bisa, pengadilan apa lagi, bahkan paling hebat yaitu tidak sedikit bupati, gubernur hingga presiden merupakan lulusan sarjana hukum. Ini membuktikan bahwa tidak salah ketika hukum merupakan salah satu prodi paling menarik perhatian calon-calon mahasiswa yang mendaaftar pada perguruan tinggi. Alasan ketiga kenapa saya memilih Prodi Hukum Unimuda, ialah di Unimuda kerukunan beragamanya sangat rukun, kampusnya bersih, dan tenaga pendidik di prodi hukum Unimuda adalah Dosen-dosen lulusan terbaik pada kampus yang berbeda, bahkan Ketua Prodi merupakan Lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia. Ini menandakan bahwa Prodi Hukum Unimuda walaupun masih baru, tetapi peluang untuk bersaing saangat luas.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Hukum Unimuda Sorong?

Di Prodi Hukum Unimuda, tahun ini telah dibuka dua (2) Konsentrasi atau Keahlian dan Kemahiran Hukum, yakni Konsentrasi Pidana dan Konsentrasi Perdata. Konsentrasi ini bisa dimulai dan dipilih oleh mahasiswa hukum pada semester enam (6). Dari dua konsentrasi tersebut, tentunya memiliki beragam mataa kuliah spesifik sebagai penunjang kepada mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang Hukum. Prodi Hukum Unimuda telah menyiapkan 6 mata kuliah konsentrasi yang terbagi dalam tiga konsentrasi pidana dan tiga konsentrasi perdata. Konsentrasi Pidana antara lain ada Kriminologi, Praktik Penyidikan dan Penuntutan dan Hukum Pidana Ekonomi. Sedangkan Konsentrasi Perdata diantaranya ada Hukum Persaingan Usaha dan Kepailitan, Hukum Pasar Modal dan Hukum Perusahan dan Investasi.

Mungkin sahabat law bertanya-tanya, kenapa belum ada konsentrasi Tata Negara? Tentu beberapa rumpun mata kuliah tata negara telah di masukan dalam mata kuliah harian, seperti Hukum Tata Negara, Hukum Pemerintahan Daerah, Pengawan Pemerintah, Hukum Kepegawaian, Ilmu Negara dan lain-lain. Prodi Hukum Unimuda memiliki beberapa mata kuliah unggulan seperti mata kuliah Keadvokatan, Legal Drafting, Metode Penemuan Hukum, Hak Kekayaan Intelektuan dan Ahli Teknologi serta mata kuliah lainnya.

Apa saja jalur pendaftaran untuk Prodi Hukum Unimuda?

Jadi sahabat law, sejak 3 februari lalu, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong telah membuka penerimaan mahasiswa baru untuk semua prodi di tiga Fakultas, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora yang melingkupi 5 program studi, antara lain; Ilmu Hukum, Psikologi, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional dan Akuntansi. Sedangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang melingkupi 10 Program Studi; diantaranya Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahas Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Pkn, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi/Komputer, Pendidikan IPA dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Lalu ada Fakultas Sains dan Teknologi yang melingkupi 6 Program Studi yakni Agribisnis, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Akuakultur, Peternakan dan Farmasi.

Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong masih terbuka hingga 18 September 2021. Pace, Mace, Kace, Dece dan semua masyarakat mari mendaftar di Prdi Hukum Unimuda Sorong, anda ingin jadi Pengacara Hebat? Masuk Prodi Hukum, mau jadi Jaksa dan Hakim Keren? Gabung Prodi Hukum Unimuda. Mau jadi pemimpin yang berintegritas tinggi, didukung moral yang mumpun, gabung di Prodi Hukum Unimuda Sorong.

Karena Kalau Bukan Kita Siapa Lagi, Kalau Bukan Sekarrang, Kapan lagi ?

Untuk biaya pendaftaran, SPP dan lainnya, bisa diakses secara langsung melalui website resmi atau layanan konsultasi dan pendaftaran pada link : pmb.unimudasorong.ac.id/ atau lebih jelas silahkan datang di Kantor PMB, Kampus UNIMUDA SORONG, Jl. KH. Ahmad Dahlan, No 1 Mariyat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong. Jadwal pelayanan Senin-Sabtu, 08.00-17.00 WIT.

Penulis: Iwan Acuan Zakaria (Mahasiswa Hukum Unimuda)