Kunjungan DIRJEN DIKTI Pendidikan Tinggi KEMENDIKBUD RI di UNIMUDA SORONG, Prodi Hukum menampilkan “Simulated Description” pada Stand Bazar FISHUM.

Kunjungan DIRJEN DIKTI Pendidikan Tinggi KEMENDIKBUD RI di UNIMUDA SORONG, Prodi Hukum menampilkan “Simulated Description” pada Stand Bazar FISHUM.

MafaaridiNews- Sorong, Senin 29 Maret 2021 Merupakan hari istimewa dan bahagia bagi Sivitas Akademik Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Bagaimana tidak, pada hari ini, Unimuda Sorong kedatangan tamu yang mulia, yaitu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktur Jendral Sumber Daya dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia beserta Rombongan. Acara silaturrahmi ini merupakan acara yang mulia, disambut dengan beragam seni dan budaya melalui kreaativitas mahasiswa Unimuda Sorong.

Pada kunjungan DIKJEN dari KEMENDIKBUDD ini, Unimuda Sorong sangat antusias dalam segala kesiapan dan pelaksanaan. Rektor Unimuda Sorong menyiapkan segala hal yang terbaik demi menyambut tamu negara. Mahasiswa, staff hingga para dosen pun memiliki peran yang begitu luar biasa dalam kesuksesan acara hari ini. Tentunya dengan tiga Fakultas serta sangat beragam Program Studi di Unimuda Sorong menampilkan hasil produk-produk mahasiswanya, baik dari Jurusan Teknik, Farmasi, Pendidikan, Psikologi hingga Prodi terkeren, yakni Ilmu Hukum.

Pada Stand Bazar Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), Prodi hukum salah satunya yang menampilkan kreatifitas mahasiswa. Hal ini merupakan rekomendaasi dari Ketua Program Studi Hukum, Muhammad Fadli Asri yang sore tadi diwawancaraai langsung oleh Tim MafaaridiNews.

“Sejujurnya, pada konsep awal kami kebingungan harus menampilkan apa, soalnya produk yang diciptakan mahasiswa kami itu non-thing atau not-food, namun lebih cenderung pada kegiatan pengabdian masyarakat dan lomba-lomba yang bernuansa hukum. Saya berfikir bahwa mesti ada hal baru, warna-warni dalam acara kunjungan ini, makanya saya dudukan mahasiswa lalu mengajak mereka diskusi kesiapan prodi. Walhasil mahasiswa ingin menampilkan Simulasi Para Akademisi dan Praktisi Hukum seperti Hakim, Advokat, Jaksa, Panitera hingga Tersangka/Terdakwa dalam hal ini adalah Tahanan Kejaksaan”. Tegas Pak Kaprodi. Sebenarnya kami tidak hanya menyiapkan Simulasi yang sifatnya hanya deskripsi/gambaran, tetapi kami juga menyiapkan Trial Drama Singkat seputar Persidangan atau yang lebih dikenal Praktik Peradilan Semu, namun karena situasi dan kondisi sehingga Trial Drama yang subtansinya memperlihatkan Peranan Hakim, Advokat dan Jaksa dalam suatu persidangan harus ditunda dulu. Saya katakan kepada anak-anak untuk tidak putus asa, tetap semangat, kedepannya, jika ada kesempatan pasti kita lakukan. Lanjut Pak Fadli.

Acara Kunjungan Bapak Direktur Jenderaal Perguruan Tinggi KEMENDIKBUD beraakhir pukul 17.00 WIT, sangat singkat ceremonialnya, namun sangat dalam kesan-kesan yang tersimpan untuk sivitas akademik UNIMUDA SORONG. Harapannya, tentu kami dan terutama kampus UNIMUDA SORONG menunggu dan selalu siap terhadap tamu mulia atau tamu negara yang ingin berkunjung di Unimuda Sorong. karena di Unimdua Sorong semua kebahagiaan akan diraih bersama, segala keberkahan akan datang kepada kita, terutama kepada masyarakat disekitar lingkungan kampus, karena Ketua Program Studi Ilmu Hukum Bapak Muhammad Fadli Asri pernah berkata: Selalu berbuat baik, entah itu mudah atau sulit, dekat atau jauh, berbuat baik saja tanpa memikirkan apapun. Karena perbuatan baik kita tidak hanya memberikan pahala buat kita, namun akan melahirkan banyak keberkahan bagi diri kita, keluarga kita hingga lingkungan kampus dan masyarakat kita.

By: Musdalifah Aisyatum Syafaat (Mahasiswa Hukum Unimuda Sorong)