Ngopi Bareng KPU Kab. Sorong “Strategi Sosialisai Regulasi Kepemiluan”

Ngopi Bareng KPU Kab. Sorong “Strategi Sosialisai Regulasi Kepemiluan”

Pada hari Kamis 24 November 2022 Unimuda Sorong diundang terkhusus Progaram Studi Hukum dan Program Studi Pkn oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Sorong dalam mengadakan Ngopi Bareng di Hotel Aimas sambil berdiskusi dengan tema “Strategi Sosialisasai Regulasi Kepemiluan”, bersama Dosen Hukum Mariya Azis M.H bersama, Moh. Ery Kusmiadi, M.H. dan Ernawati M.Pd. dan beberapa Akademisi  Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda Sorong)

Kegiatan ini sangan bermanfa’at sehingga bisa saling memberikan tanggapan ataupun masukan dan kritikan terhadap KPU supaya ada yang harus di perbaiki dan di evaluasi lagi untuk Pemilu Kedepannya dan bisa mengetahui permasalahan atau mencari solusi apa yang sedang di alami masyarakat terkait dengan Sosialisasi Regulasi Pemilu.

Kenapa topik yang diusung kali ini membahas tentang “Strategi Sosialisasai Regulasi Kepemiluan” ada beberapa hal yang mungkin banyak terjadi di kalangan masyarakat, sehingga menurut ketua Devisi Hukum KPU Kabupaten Sorong menjelaskan beberapa masalah yang ada pada masyarakat yang mengeluh terkait kurangnya Sosialisasi terhadap daerah-daerah pelosok maka dengan ini harus ada kerja sama dari Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat maupun Lembaga Adat terkait dengan hal ini harus diperhatikan dan harus dituntaskan bersama, sehingga KPU dan masyarakat maupun instansi lain bisa bersinergi bersama dalam menuntaskan persoalan tersebut agar Pemilu ditahun 2024 lancar.

Akademisi Unimuda menjelaskan Demokrasi sebagai dasar hidup bernegara memberi pengertian bahwa pada tingkat terakhir rakyat itu untuk memberikan ketentuan dalam masalah-masalah pokok mengenai kehidupannya, termasuk dalam menilai kebijakan negara, karena kebijakan tersebut menentukan kehidupan rakyat. Sudah semesti nyaPerguruan Tinggi ataupun Akademisi harus ikut serta dalam mengsuksesnya kehidupan berdemokrasi dan berpolitik yang sehat demi terealisasinya tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

untuk kedepannya Unimuda Sorong maupun instansi ataupun Narasumber lain akan banyak berkolaborasi sama dalam kegiatan yang seperti ini yang bersifat terbuka untuk diulik ataupun dikupas kembali