WORKSHOP AUDIT MUTU INTERNAL YANG DIHADIRI OLEH PROGRAM STUDI HUKUM UNIMUDA SORONG (Program Bantuan Pengembangan Spmi Kemdikbudristek)

WORKSHOP AUDIT MUTU INTERNAL YANG DIHADIRI OLEH PROGRAM STUDI HUKUM UNIMUDA SORONG (Program Bantuan Pengembangan Spmi Kemdikbudristek)

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong berkesempatan menyelenggarakan workshop Audit Mutu Internal. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 3-4 Juni 2021. Program Studi Ilmu Hukum berkesempatan hadir sebagai tamu undangan, yang dihadiri oleh Bapak Muhammad Fadli Asri, S.H., LL.M selaku Ketua Prodi Ilmu Hukum. Acara dibuka oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Bapak Abdul Hafid, M.Pd. Secara langsung beliau menghendaki agar peningkatan mutu menjadi budaya di lingkungan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Setelah sambutan, acara diisi langsung oleh kegiatan yang mana Dr. Dwi Cahyono, M.Si.,Akt. menjadi narasumbernya. Beliau menyampaikan intisari dari kegiatan audit mutu internal yang menjadi dasar pengetahuan bagi seluruh gugus kendali mutu di tingkat fakultas dan program studi untuk melakukan audit internal secara periodik.

Rangkaian materi yang disampaikan oleh narasumber, ialah diawali dengan Pengantar Audit Mutu Internal, Etika Auditor, Teknik Audit Internal, dan diakhir dengan materi Penyusunan Instrumen AMI dan Penugasan kepada masing – masing Prodi tamu undangan. Hasil dari audit secara periodik akan digunakan sebagai fundamen dasar untuk membenahi, mengevaluasi dan memperbaiki dokumen sistem penjaminan mutu internal di tingkat universitas. Untuk itu, perlu kesadaran dan kerjasama yang kooperatif dan harmonis antara seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari tingkat program studi, fakultas dan rektorat bahwa audit mutu internal tidak ditujukan untuk mencari kesalahan.

Penulis : Destika Mery Simanjuntak