Workshop Infografis, bersama Econusa Timur, Mahasiswa Hukum Unimuda Ikut Memperingati Hari Hutan Sedunia.

Workshop Infografis, bersama Econusa Timur, Mahasiswa Hukum Unimuda Ikut Memperingati Hari Hutan Sedunia.

Mafaridi News – 21 Maret merupakan hari hutan sedunia. Bagi sebagian orang mungkin memperingati Hari Hutan Sedunia adalah hal yang asing, hal itu dikarenakan Hari Hutan Sedunia baru diresmikan beberapa tahun belakangan ini. International Day of Forest atau Hari Hutan Sedunia ditetapkan oleh PBB dalam resolusi PBB 67/200 pada 21 Desember 2012. secara singkat penjelasan dari PBB mengenai tujuan memperingati Hari Hutan Sedunia adalah untuk menyadarkan seluruh masyarakat bahwa pentingnya menjaga kelestarian hutan bagi keberlangsungan seluruh makhluk hidup di bumi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh ECONUSA, suatu organisasi yang bergerak di bidang pelestarian hutan, alam budaya dan lingkungan bagian Timur, Khusus Papua, Papua Barat dan Maluku. Pembahasan inti pada kegiatan ini ialah Workshop Infografis. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu 20 maret hingga Ahad 21 Maret. Stephanie R. A hadir sebagai moderator kegiatan, ia ditemani oleh pemateri hebat, yakni Bung Leonardo Markho.

Iwan Acuan Zakaria, mahasiswa hukum unimuda adalah satu dari berbagai mahasiswa yang beruntung diskusi bersama pemateri dan audiens selama acara berlangsung. Dalam kesempatan tersebut, iwan yang merupakan Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Imu Hukum Unimuda Sorong menyampaikan bahwa Hadirnya Econusa hari ini merupakan bentuk kepedulian luar biasa terhadap pelestarian hutan, alam dan budaya papua. Workshop ini juga sangat dibutuhkan oleh banyak mahasiswa termasuk saya sendiri. Jujur saja dengan pelatihan Infografis, dapat melahirkan maahsiswa-mahasiswa yang kreatif dibidang editor, jurnalistik dan sejenisnya, saya pun yakin ketika Bung Leonardo ke Unimuda Sorong, akan disambut oleh para milenialis, apalagi zaman sekarang ITE sangat maju dan berkembang, workshop seperti inilah yang dibutuhkan mahasiswa. Jelas Iwan.

Pada sela-sela acara, Bung Leonardo Markho mengatakan bahwa alam kita sangat kaya, aplagi di papua. Bisa lihat bahwa hutan kita sangat indah, hanya saja proses penjagaannya masih minim. Saya apresiasi kehadiran Econusa, karena lingkungan alam dan budaya kita dapat bersahabat dengan para pecinta-pecintanya.

Peringatan Hari Hutan Sedunia diadakan dengan tujuan agar kita semakin sadar dan peduli tentang betapa pentingnya hutan bagi kehidupan setiap makhluk hidup yang tinggal di bumi ini. Ada berbagai ekosistem yang tinggal di dalam hutan, jika hutan terus dihabisi maka akan banyak kerugian yang kita rasakan, pasalnya bukan hanya kita yang membutuhkan hutan tetapi juga para generasi penerus kita. Ajak teman, kekasih, keluarga kita untuk sama-sama mencintai dan menghargai alam papua. Sambut Stephani.

Tidak hanya mahasiswa, kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa perwakilan media, para jurnalis hingga warga sipil. Ini menandakan bahwa workskhop infografis memang bagian dari kemajuan zaman, terbukti bahwa audiens yang hadir pada kegiatan ini merupakan pecinta-pecinta alam papua, khususnya di kota sorong yang punya banyak keindahan hutan. Pada akhir acara, tepatnya hari ahad, ECONUSA menutup acara ini dengan memperingati hari hutan sedunia yang jatuh pada 21 maret 2021 bertempat di Vega Hotel, Kota Sorong.

Penulis: Petrus Hapanhri Kosho (Mahasiswa Hukum Unimuda)