Laboratorium

  • LABORATORIUM PERADILAN SEMU (MOOT COURT)

Laboratorium peradilan semu merupakan laboratorium untuk menunjang kegiatan mahasiswa fakultas hokum, selain kegiatan pembelajaran berupa teori yang diberikan dikelas, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung berkaitan dengan proses peradilan semu.

Laboratorium ini dibuat dengan tujuan supaya mahasiswa mampu berbicara di pengadilan dan mampu menyelesaikan kasus-kasus yang ada dipersidangan.

 

  • LABORATORIUM NON LITIGASI

Laboratorium Non Litigasi adalah ruangan yang didalamnya para mahasiswa dapat melakukan penyelesaian masalah hukum diluar proses peradilan, tujuannya adalah memberikan bantuan dan nasehat hukum dalam rangka mengantisipasi dan mengurangi adanya sengketa, pertentangan dan perbedaan, serta mengantisipasi adanya masalah-masalah hukum yang timbul,

Non litigasi ini pada umunya dilakukan pada kasus perdata saja karena lebih bersifat privat, Non litigasi mempunyai beberapa bentuk untuk menyelesaikan sengketa yaitu:

1.Negosiasi
2.Mediasi
3.Arbitrase

Ketiga bentuk penyelesaian sengketa dilakukan oleh pihak yang merasa dirugikan atau terjadinya perbedaan pendapat baik itu antara individu, kelompok maupun antar badan usaha. Penyelesaian sengketa melalui jalur non litigasi dilakukan untuk menyelesaikan sengketa dengan cara musyawarah mufakat dan hasil penyelesaian konflik atau sengketa secara kekeluargaan.

 

  • DIORAMA HUKUM

Diorama Hukum adalah ruangan yang didalamnya berisi fasilitas-fasilitas sebagi penunjang hukum. Fasilitas yang disediakan berupa model pakaian resmi pengadilan yang terdiri dari Baju Toga hakim, pengacara, penuntut umum, pembela dan beberapa contoh lainnya, Contoh pakaian resmi pengadilan diharapkan agar mahasiswa dapat mengenal dengan baik ciri dan corak sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing personil  di pengadilan.  Contoh dokumen tersedia cukup banyak dan beragam. Dokumen berkas-berkas perkara, surat kuasa, perjanjian, dokumen sertifikasi halal, surat-surat lainnya seperti akta kelahiran, buku passport, akta surat tanah, dan lain sebagainya.

  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium komputer adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Berbeda dengan warung internet yang dalam penggunaannya lebih ditujukan untuk umum, lab komputer biasa dijumpai di sekolah-sekolah, perkantoran, dan badan peneliti ilmiah. Lab komputer juga umumnya memiliki perangkat tambahan seperti pencetak dan pemindai untuk menunjang kebutuhan.