Profil

 

Profil Prodi Hukum

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM)

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong

 

Program Studi

:

Hukum

Fakultas

:

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

Universitas

:

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong

Alamat

:

Jl. KH Ahmad Dahlan No. 1, Mariyat Pantai, Aimas, Kab. Sorong

Gedung Ahmad Dahlan Lantai. 1

Kontak

:

0852-9233-3667

Web

:

https://hukum.unimudasorong.ac.id/

Email

:

hukum@unimudasorong.ac.id

Tahun Berdiri

:

 

Status Akreditasi

:

 

Jenjang Pendidikan

:

Sarjana

Gelar yang diberikan

:

S.H.

Lama Studi

:

4 tahun (8 semester)

Syarat Kelulusan

:

Menempuh minimal 144 sks

Bidang Minat

:

Hukum Perdata

Hukum Pidana

Visi

:

“Terwujudnya Program Studi Ilmu Hukum Yang Unggul Sehingga Menghasilkan Sarjana Berintegritas Menuju Supremasi Hukum Yang Berkeadilan Berbasis Pada Teorism-Preneur Se-Indonesia Timur Di Tahun 2023”

Misi Program Studi

:

  1. Menyelenggarakan program pembinaan iman dan taqwa bagi mahasiswa Program Studi Hukum pada khususnya dan sivitas akademika Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong pada umumnya. M
  2. enyelenggrakan Program Studi Hukum dengan mempraktikkan konsep – konsep hukum, baik dalam lingkup daerah maupun nasional guna mewujudkan supremasi hukum yang berkeadilan berbasis tourismprenuer bagi kepentingan bangsa dan negara.
  3. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan potensi dosen.
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan masyarakat sebagai bentuk konstribusi dalam supremasi hukum yang berkeadilan.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang profesional dan humanis.

Tujuan

:

  1. Menghasilkan Sarjana hukum yang bermoral, menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  2. Menghasilkan Sarjana Hukum yang mampu mengabdikan hukum secara interdisipliner dan holistik bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara.
  3. Terjalinnya kerjasama dibidang hukum antar perguruan tinggi daerah lembaga pemerintahan dan swasta baik tingkat daerah maupun nasional.

Profil Lulusan

:

  1. Keampuan berkompetensi secara bebas dan terbuka dalam mengisi peluang kerja dalam berbagai institusi hukum.
  2. Kerja keras dan komitmen dalam mempertahankan dan menegakkan prinsip, nilai – nilai kebenaran dan keadilan.
  3. Kemandirian dalam menciptakan lapangan kerja sebagai pengacara/advokat, konsultan dan mediator yanng mengutamakan keppentingan bangsa dan negara tanpa mengorbankan keppentingan pribadi, keluarga. Dan keyakinan kepada agamanya.

Sejarah Singkat

:

 

Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (UNIMUDA Sorong) adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah yang didirikan pada 5 Mei 2018 melalui SK Menristekdikti Nomor 547/KPT/I/2018 sebagai perubahan bentuk dari STKIP Muhammadiyah Sorong.

Awalnya, UNIMUDA Sorong merupakan sebuah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong yang berdiri pada tanggal 19 Agustus 2004 SK Mendiknas RI Nomor 127/D/O/2004. Adapun izin penyelenggaraan program studi meliputi : 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2. Pendidikan Bahasa Inggris, dan 3. Pendidikan Biologi.
Prakarsa pendirian STKIP Muhammadiyah Sorong muncul pada saat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong Periode 2000-2005 menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah bertempat di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Aimas pada tanggal 13 November 2001. RAKERDA menghasilkan program kerja yang salah satunya adalah mendirikan STKIP Muhammadiyah Sorong pada tahun 2003. Keputusan tersebut disepakati bersama karena belum ada lembaga pendidikan tinggi bidang pendidikan di Kabupaten Sorong dan hadirnya Persyarikatan Muhammadiyah di Sorong turut mengambil peran dalam mencerdaskan anak bangsa yang bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Dalam proses pendirian dibentuk panitia yang terdiri dari : Ketua: Drs. Rustamadji, Sekretaris : Manut Pratikno, B.A., Anggota : Sulardi, S.Pd., Suwarto, S.Sos., Sutikno, Ir. Eko Tavip Maryanto, Muhadi, Supirman, S.Sos. Pada tahun 2003, terbitlah SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 78/KEP/I.0/D/2003 Tanggal 20 September 2003, tentang Pengangkatan Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong pertama adalah Drs. Rustamadji, sebelumnya telah mengundurkan diri sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong. Pada saat bersamaan terbit SK Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Pengangkatan Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) STKIP Muhammadiyah Sorong yang diketuai oleh Drs. Suwarto Abbas, M.H. Namun berhubung Drs. Suwarto Abbas, M.H. telah pindah tugas, maka tahun 2004 Majelis Diktilitbang mengangkat kembali Pengurus BPH Pengganti Antar Waktu yang diketuai oleh Drs. Nursono Sidiq. Tahun 2004, saat kunjungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yakni Prof. H. Zamroni, Ph.D.  di Kabupaten Sorong membawa kabar baik bahwa Mendiknas RI Prof. Drs. H.A. Malik Fadjar, M.Sc. telah menyetujui pendirian STKIP Muhammadiyah Sorong.
Diresmikannya Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) sebagai fakultas baru pada Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong bersamaan dengan program studi pertamanya yaitu Program Studi Ilmu Hukum

Fakultas dan Program Studi

:

Program Studi Hukum pada Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, merupakan program studi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), yang terdiri dari:

  1. Program Studi Ilmu Hukum (Program Studi Baru)
  2. Program Studi Psikologi (Program Studi Baru)
  3. Program Studi Studi Pemeritahan (Program Studi Baru)
  4. Program Studi Hubungan Internasional (Program Studi Baru)
  5. Program Studi Akuntansi (Program Studi Baru)

Dosen

:

Jumlah Dosen Tetap: 5 orang, S2: 5 Orang.

Mahasiswa

:

Jumlah Mahasiswa Aktif: 40 Orang

Perpustakaan

:

Jumlah Buku        : 448

Jumlah Judul Buku : 368

Lembaga, Pusat Studi & Laboratorium

:

  1. Pengelolaan Online Jurnal System (OJS)
  2. Laboratorium Peradilan Semu
  3. Laboratorium Non Litigasi
  4. Diorama Hukum

Unit Kegiatan Mahasiswa

:

Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum (HIMAILUM)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Hukum

Terbitan

: